Sesuai dengan Surat Edaran Rektor Nomor 279 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Akademik dalam Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan UIN Imam Bonjol Padang. Pada poin pertama surat edaran tersebut, disampaikan bahwa proses perkuliahan hingga akhir semester genap tahun akademik 2019/2020 dapat dilaksanakan secara daring. Menyikapi kebijakan tersebut, berbagai kegiatan akademik diarahkan untuk dilakukan secara online dengan tetap mempertimbangkan kualitas akademiknya.

Demikian juga yang dilakukan mahasiswa/i Prodi Studi Agama-Agama UIN Imam Bonjol Padang yang tetap semangat melaksanakan dan mengikuti diskusi online melalui Whatshap Group (WAG). Diskusi online tersebut awalnya merupakan respon terhadap pertanyaan mahasiswi bernama Norida Putri (Mahasiswi semester 4 Prodi Studi Agama-Agama) kepada Dwi Wahyuni (Dosen Prodi Studi Agama-Agama) terkait Covid-19. Dikarenakan pertanyaan yang disampaikan Norida tidak semuanya sesuai dengan bidang keilmuam Dwi. Maka dibuatlah WAG khusus untuk berdiskusi tentang Covid-19.

Diskusi pertama dilaksanakan pada Jum’at Malam (27 Maret 2020). Diskusi pertama ini dilaksanakan mendadak sehingga yang dilakukan sebatas tanya jawab dan menerima saran terkait tema yang akan didiskusikan. Saran-saran yang disampaikan mengharapkan agar diskusi dapat terlaksana lebih sistematis pembahasannya. Karena itu, direncanakanlah beberapa diskusi dengan tema yang berkaitan dengan Covid-19 dari berbagai padangan keilmuan yang berbeda. Direncanakan diskusi online ini dilaksanakan dalam pandangan ilmu kesehatan, ketahanan nasional, kebijakan publik, psikologi dan pandangan keilmuan bidang kajian prodi Studi Agama-Agama.

Sejauh ini pemateri yang sudah konfirmasi bisa berbagi ilmu dan pengalamannya ialah Prima Kurniati Hamzah, Dosen UIN Imam Bonjol Padang. S1 Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Ilmu Kesehatan Masyarakat. S2 Fakultas Kedokteran UGM, Master of Public Health. Prima Kurniati Hamzah telah dan akan memberikan materi terkait Covid-19 dalam pandangan ilmu kesehatan. Diskusi bersama Prima Kurniati Hamzah ini telah dilaksanakan Senin Malam (30 Maret 2020) dan insyaallah akan dilanjutkan kembali dengan tema yang sama pada Rabu Malam (1 April 2020).

Pemateri yang sudah konfirmasi bisa berbagi ilmu dan pengalaman selanjutnya ialah Faiz Zawahir Muntaha, mahasiswa magister Kajian Strategis Ketahanan Nasional Universitas Indonesia. Faiz Zawahir Muntaha memberikan materi terkait Covid-19 dalam pandangan Ketahanan Nasional. Diskusi bersama Faiz Zawahir Muntaha ini dilaksanakan pada Selasa malam (31 Maret 2020).

Pemateri yang sudah konfirmasi bisa berbagi ilmu dan pengalaman selanjutnya ialah M. Mirza Ardi, bekerja sebagai SustaiNability and Knowledge Management Officer di salah satu perusahaan swasta multinasional Jakarta. S1 Unsyiah (Aceh) Prodi FKIP Bahasa Inggris. S2 di The University of Melbourne, Australia, mengambil program Master of Public  Policy and Management. Insyaallah M. Mirza Ardi akan memberikan materi terkait Covid-19 dalam pandangan Kebijakan Publik. Diskusi bersama M. Mirza Ardi ini insyaallah akan dilaksanakan pada Jumat Malam (3 April 2020).

Pemateri-pemateri lainnya masih dikomunikasikan waktu dan kesediaannya.

Harapannya diskusi online ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, bisa memberikan pengetahuan kepada peserta diskusi dan dapat bermanfaat dalam menyikapi Covid-19. (DW)

By admin1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *