Temu Ramah Mahasiswa Aktif Studi Agama-agama UIN Imam Bonjol Padang
Dengan Tema “Mempererat Tali Persaudaraan Melalui Lingkaran Ilmu, Religiusitas dan Spirit Untuk Saling Memotivasi

Minggu, 11 April 2021

Sosok Fitri Anisah Ritonga S, Ag yang merupakan alumni Studi Agama-agama

Materi yang disampaikan oleh fitri ini yaitu: Yang Pertama, Persaudaraan dalam islam, dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 213 “Manusia pada hakikatnya adalah umat yang bersatu, kemudian Allah mengutus para nabi sebagai pemberi kabar gembira dan sebagai pemberi peringatan”. Persaudaraan dalam islam tercermin yang dibawa oleh para nabi kepada umatnya yaitu: Persaudaraan antar islam, persaudaraan antar keluarga dan persaudaraan antara bangsa. Yang kedua, Lingkaran ilmu, ilmu merupakan kumpulan pengetahuan yang telah teruji kebenarannya dan disusun secara sistematis berdasarkan dengan metode ilmiah. Pengetahuan merupakan informasi akan suatu kejadian yang belum teruji kebenarannya. Yang ketiga adalah Religiusitas,menurut Jalaluddin religiusitas merupakan suatu kesadaran yang ada dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk bertingkah laku sesuai dengan kadar ketaatannya. Religiusitas ini berasal dari bahasa Inggris “religion” yang artinya mengikat.
Religiusitas ini juga dapat kita artikan sebagai suatu keadaan, pemahaman dan ketaatan seseorang dalam meyakini suatu agama yang diwujudkan dalam pengalaman nilai, aturan, kewajiban sehingga mendorongnya bertingkah laku, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa fungsi religiusitas yang dapat kita ketahui diantaranya yaitu: 1) Berfungsi sebagai edukatif, 2) Berfungsi sebagai penyelamatan, 3) Berfungsi sebagai perdamaian, 4) Berfungsi sebagai pengawasan sosial, 5) Berfungsi sebagai pemupuk rasa solidaritas, 6) Berfungsi sebagai transformatif.
Faktor yang mempengaruhi religiusitas menurut Hooless yaitu pengaruh pendidikan, pengaruh pengalaman dan kebutuhan.
Dimensi Religiusitas menurut Glock & Stark (1966) ada 5 yaitu: 1) Dimensi keyakinan, 2) Dimensi peribadatan ataupun praktek agama, 3) Dimensi pengalaman atau konsekuensi, 4) Dimensi pengetahuan, 5) Dimensi penghayatan.
Spirit kita untuk saling memotivasi yaitu mengucapkan kepada diri sendiri bahwa Allah the center of life (Allah merupakan tujuan hidup kita) dan kita juga bisa memulai dengan niat, tekad yang kuat dan perbaikan diri kita.

By admin1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *